Cara Hilangkan Karang Gigi dan Faktor Penyebab yang Perlu Anda Tahu

membersihkan karang gigi
Cobalah untuk meraba gigi Anda dengan lidah. Apabila Anda merasakan seperti ada lapisan antara gigi dengan air liur, maka bisa jadi gigi tersebut dilapisi oleh karang gigi atau sering disebut sebagai tartar. Tentu saja, lapisan karang ini sangat mengganggu penampilan. Tahukah Anda apa penyebab dari munculnya karang gigi?

Pada dasarnya, karang terbentuk karena ada penumpukan plak gigi sehingga lama kelamaan akan mengeras. Plak gigi biasanya melapisi bagian-bagian gigi dan menimbulkan dampak buruk tersendiri bagi kesehatan gigi. Terbentuknya plak gigi itu sendiri bermula dari sisa makanan dan protein dalam mulut yang bercampur dengan air liur dan bakteri.

Plak gigi dapat terjadi pada siapa saja dan tidak mengenal usia. Namun, kebanyakan plak gigi terjadi pada orang dewasa. Fakta menunjukkan bahwa 45 persen orang Indonesia merasa memiliki plak gigi meskipun sudah rutin menyikat giginya dua kali sehari.

Bahaya Karang Gigi terhadap Kesehatan Mulut
Meskipun terlihat sepele, namun membiarkan karang gigi berkembang justru bisa menimbulkan berbagai penyakit yang lebih parah, terutama diarea gigi dan gusi Anda, seperti gigi keropos. Karang gigi yang tidak dibersihkan akan mengikis lapisan email pada gigi sehingga menyebabkan gigi keropos dan lama-lama berlubang.

Karang gigi yang terus dibiarkan akan menjadi penyebab utama bau mulut. Hal ini terjadi karena sisa makanan yang tidak dibersihkan secara maksimal sehingga akan mengeras dan membusuk. Inilah yang menyebabkan bau tak sedap dari mulut Anda. Tidak hanya itu saja, karang gigi dapat menyebabkan radang gusi atau sering disebut gingivitis. Penyakit ini bisa membuat gusi mudah terinfeksi dan berdarah, bahkan jika terus dibiarkan bisa muncul benjolan nanah pada gusi. Lebih lanjut, radang gusi yang tetap diabaikan akan membuatnya makin parah dan menyebabkan gigi tanggal akibat rusaknya jaringan lunak dan tulang penjaga gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Cepat dan Tepat
Banyaknya dampak buruk karang gigi, pasti membuat Anda ingin mengetahui apa saja cara untuk mencegah dan menghilangkannya dengan cepat. Salah satu cara yang mudah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi dan melakukan scaling. Tapi, scaling saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi setelahnya. Nah, berikut ini adlah beberapa cara sederhana supaya karang gigi tidak kembali muncul setelah dibersihkan.

Rajin Menyikat Gigi Dua Kali Sehati dengan Pasta Gigi Flouride
Kita dianjurkan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari. Gunakanlah pasta gigi dengan kandungan flouride sebagai upaya pencegahan perkembangan plak di gigi. Sebab, jika dibiarkan plak gigi dapat menghasilkan asam yang dapat merusak gigi dan emnghasilkan racun penyebab gingivitis.

Rajin Pakai Floss
Tidak cukup dengan menyikat gigi untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi. Sebab, fakta menunjukkan menyikat gigi hanya membersihkan sebesar 25 persen saja. Menyikat gigi belum tentu menjangkau sudut-sudut kecil, sehingga diperlukan dental floss untuk membantu membersihkan ggi dan gusi secara maksimal.

Gunakan Mouthwash
Inilah cara menghilangkan karang gigi dengan mouthwash yang tidak boleh dilupakan. Sebab, kandungan 4 essential oils didalamnya terbukti ampuh melawan kuman lebih baik dari Therapeutic Mouthwash. Anda bisa dapatkan kemampuan ini dengan menggunakan produk dari Listerine Antiseptic Mouthwash. Selain itu, kandungan listerine essential oils juga mampu menghambat perkembangan plak sebesar 56 persen mengurangi radang gusi sebesar 36 persen. Harga obat kumur listerine Mouthwash Cool Mint 100ml sekitar Rp8.500 tersedia di JD ID.

Jadi, supaya terhindar dari karang gigi, sebaiknya terapkan cara diatas. Cek produk mouthwash lainnya hanya di situs JD ID.

Tags: